Jumat, 11 Oktober 2013

Arsitektur Komputer dan Kognisi Manusia

TUGAS 2*
1. Arsitektur Komputer & Struktur Kognitif Manusia
A. Bagaimana pengertian arsitektur computer
CPU Arsitektur adalah Ilmu yang mempelajari tentang fungsi dan struktur dari CPU. Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS).
Sistem manajemen basis data (Bahasa Inggris: database management system, DBMS), atau kadang disingkat SMBD, adalah suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna. Secara umum DBMS diartikan sebagai suatu program komputer ang digunakan untuk memasukan, mengubah, menghapus, memanipulasi, dan memperoleh data / informasi dengan praktis dan efisien.
DBMS diartikan sebagai suatu program komputer ang digunakan untuk memasukan, mengubah, menghapus, memanipulasi, dan memperoleh data / informasi dengan praktis dan efisien.
B. Bagaimana Struktur Kognisi Manusia
Struktur kognisi manusia adalah otak. Otak adalah bagian terpenting dari manusia, selain itu otak dan sel saraf didalamnya dapat mempengaruhi kognisi manusia. Proses berpikir manusia sama halnya seperti proses kerja komputer yang terdiri dari 3. yaitu :
• Memasukkan informasi ditangkap lewat panca indera. (Input)
• Pemrosesan informasi melalui otak. (storage)
• Pengeluaran informasi yang telah diolah berupa ide/perilaku. (output)
C. Kaitan Antara Struktur Manusia dan Arsitektur Komputer
Struktur Kognisi Manusia tidak jauh berbeda dengan Komputer yaitu sama-sama memasukkan informasi, memproses informasi dan pengeluaran informasi. Sedangkan system informasi computer yaitu kalau komputer bekerja berdasarkan atas perintah - perintah, tetapi kognitif manusia berdasrkan stimulus yang diterimanya melalui lingkungan kemudian di proses dan di interpretasi diotak melalui neuronnya dan dimunculkan dalam bentuk perilaku. Jika computer merupakan hasil pengembangan ilmu yang dimiliki oleh manusia yang mampu merangkai system computer dengan menciptakan sesuai otak yang dimiliki oleh manusia.
D. Kelebihan dan Kekurangan Arsitektur computer dibandingkan Struktur kognisi manusia
• Kelebihan arsitektur computer
Yaitu dalam menyusun dan menguji model-model kognitif, bahwa elemen-elemennya saling berhubungan, dan parameter-parameternya dapat diatur sehingga secara akurat menghasilkan operasi pengenalan wajah yang serupa dengan kemampuan otak manusia mengenali wajah. Yaitu model computer mensimulasikan prosesnya.
• Kelebihan kognisi manusia
Kognisi mampu mempelajari proses-proses kognitif dasar dan perilaku yang ditimbulkan serta mampu mendeskripsikan manusia
• Kekurangan arsitektur computer
Arsitektur computer tidak mampu mempelajari proses-proses kognitif dasar dan perilaku yang ditimbulkan serta tidak mampu mendeskripsikan manusia secara mendalam dengan perasaan.
Kasus:
Contohnya yaitu pada tes-tes psikologi yang penghitungannya menggunakan system computer seperti halnya tes fingerprint alat yang digunakan yaitu computer, computer fungsinya yaitu dengan menscan jari tangan tetapi computer tidak mampu mendeskripsikan apa yang ingin dilihat.
Analisis
sebuah komputer sama dengan manusia hanya saja komputer hanya mampu memproses data saja seperti halnya manusia memasukkan data dalam komputer dengan mudah komputer menjalankan semua hal yang manusia inginkan seperti dalam pengitungan, membuat bagan, dan lain-lain serta menyimpannya dalam direktori namun system komputer tidah dapat mendeskripsikan apa saja yang maunusia kerjakan, komputer atau system hanya mengolah data saja
Sumber :
Solso, R.L, Maclin, O.H, Maclin, M.K., (2008), Psikologi Kognitif edisi kedelapan., Jakarta., Penerbit Erlangga.
Sigit, R, Mubtada’i N.R, Setiawardhana, Martono H.Y., (2005)., Arsitektur computer. Surabaya., Politeknik Elektronika Negeri Surabaya - ITS
http://hanyasebuahkarya.blogspot.com/2013/10/arsitekstur-komputer-struktur-kognitif.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar